Kamis, 14 Mei 2009

Rekonstruksi Pembelajaran untuk Mengatasi Kesulitan Mahasiswa dalam Memahami Materi Manajemen Perubahan

Oleh : Achmad Supriyanto

Sumber :http://journal.um.ac.id/index.php/pendidikan-dan-pembelajaran/article/view/711


Penelitian ini bertujuan untuk melakukan rekonstruksi pembelajaran untuk mengatasi kesulitan mahasiswa dalam memahami materi Manajemen Perubahan. Subjek penelitian ini terdiri dari mahasiswa peserta kuliah Manajemen Perubahan pada semester ganjil tahun akademik 2005/2006 di Jurusan Administrasi Pendidikan FIP UM. Rancangannya menggunakan penelitian tindakan dengan teknik analisis komponensial dalam mengolah data. Kesimpulannya menunjukkan bahwa rekonstruksi pembelajaran dapat digunakan mengatasi kesulitan mahasiswa dalam memahami materi Manajemen Perubahan. Hal ini ditunjukkan oleh beberapa temuan bahwa (1) rekonstruksi pembelajaran yang dapat mengatasi kesulitan mahasiswa dalam memahami Materi Manajemen Perubahan adalah rekonstruksi yang didasarkan pada pemberian materi dengan perbandingan antara aspek teoritis dan teoritis sebesar 60% dan 40% secara proporsional; (2) implementasi hasil rekonstruksi pembelajaran dengan proporsi perbandingan dapat mengatasi kesulitan mahasiswa dalam memahami Materi Manajemen Perubahan; (3) pemahaman mahasiswa menunjukkan bahwa sebagian besar berada pada posisi cukup memahami, sebagian kecil sangat memahami dan belum memahami; (4) sebagian besar mahasiswa menyatakan bahwa jenis tugas/evaluasi perkuliahan mampu meningkatkan pemahaman dengan baik, sebagian kecil cukup meningkatkan pemahaman dan sangat sedikit yang tidak mampu meningkatkan pemahaman materi Manajemen Perubahan; (3) pengaturan jam pembelajaran yang tepat ternyata dapat mengatasi kelelahan fisik maupun psikis mahasiswa, sehinga lebih siap belajar dan dapat meningkatkan pemahaman memahami materi Manajemen Perubahan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar