Jumat, 03 April 2009

Manajemen Peserta Didik

Oktober, 27 2008

Oleh : Nurlaila Qordriyah_27


Peserta didik adalah anggota masyarakat yang berusaha mengembangkan potensi diri melalui proses pembelajaran pada jalur pendidikan baik pendidikan formal maupun pendidikan nonformal, pada jenjang pendidikan dan jenis pendidikan tertentu.

  • Siswa

Siswa/Siswi istilah bagi peserta didik pada jenjang pendidikan dasar dan menengah.

  • Mahasiswa

Mahasiswi istilah umum bagi peserta didik pada jenjang pendidikan tinggi.

  • Warga Belajar

Warga belajar istilah bagi peserta didik pada jalur pendidikan nonformal seperti Pusat Kegiatan Belajar Masyarakat (PKBM), baik Paket-A, Paket-B, Paket-C

  • Pelajar

Pelajar adalah istilah lain yang digunakan bagi peserta didik yang mengikuti pendidikan formal tingkat dasar maupun pendidikan formal tingkat menengah.

  • Murid

Istilah lain peserta didik.

Dalam kegiatan manajemen peserta didik, ada beberapa hal yang sangat penting, yaitu Pembinaan Peserta Didik, Menangkal Kenakalan Anak/ Remaja dan Penanggulangan Penyalahgunaan Narkotika, Ganja, Morfin, Alkohol dan sebagainya.

Untuk menangkal dan menanggulangi kenakalan anak tersebut perlu diketahui secara dini dan seksama tentang penyebab-penyebabnya, seperti :

  1. Faktor perkembangan jiwa pada periode pubertas.
  2. Faktor lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat.

Pada periode pubertas faktor perkembangan jiwa merupakan hal yang sensitif sekali. Adakala perkembangan jiwa seorang anak menuju pada tingkah laku positif, akan tetapi dapat juga menuju pada tingkah laku yang negatif. Karena masa pubertas adalah masa yang labil bagi seorang anak.

Sedangkan faktor lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat juga sangat menentukan sikap seorang anak. Seorang anak dapat bertingkah laku negatif apabila lingkungan keluarga, sekolah dan masyarakat kurang mendukung dalam perkembangan dirinya. Misalnya saja keadaan keluarga yang tidak harmonis, pergaulan dengan teman yang mempunyai kebiasaan kurang baik dan lingkungan masyarakat yang memiliki kecenderungan ke arah negatif. Hal-hal tersebut sangat menentukan /mempengaruhi diri seorang anak.

Sumber : http://manajemensekolah.teknodik.net

Tidak ada komentar:

Posting Komentar